Kacang Hitam, Jagung, dan Bayam, Resep Kue Enchilada Berlapis

Ketika hidup menjadi panik, cobalah makan malam satu hidangan yang mudah ini yang akan memuaskan semua mulut di sekitar meja Anda

Ketika hidup menjadi hingar-bingar, makan malam pertengahan minggu sering bisa menjadi kehancuran saya. Selama masa-masa ini, saya mendapati diri saya menggali dalam-dalam repertoar saya untuk membuat satu hidangan dengan mudah yang akan memuaskan semua mulut di sekitar meja saya.

Resep ini adalah penyelamat tengah minggu saya saat ini – sebuah kue yang diilhami enchilada, menampilkan lapisan tortilla jagung yang dicampur dengan kacang hitam, jagung dari freezer (meskipun menggunakan segar jika Anda memilikinya), bayam bayi, saus tomat pedas, dan keju lengket.

Resep ini serba guna menurut desain. Gunakan bahan-bahan yang Anda miliki di dapur Anda untuk isinya: buncis atau kacang cannellini akan bekerja dengan baik, zaitun hitam akan menambah rasa asin yang enak atau memilih kale atau swiss chard sebagai pengganti bayam. Saya ingin menambahkan lapisan ubi jalar bakar untuk hidangan yang lebih lezat.

Cara pintas tambahan namun sangat membantu adalah dengan menggunakan passata atau saus pasta yang dibeli di toko berkualitas baik – jika Anda melakukan ini, Anda akan membutuhkan sekitar 1 liter saus.
Kacang hitam, jagung, dan bayam dipanggang enchilada berlapis

Untuk 4-6 porsi
Bebas gula

minyak zaitun extra virgin
1 bawang merah, cincang kasar
3 siung bawang putih, cincang kasar
1.2kg (3 kaleng) tomat potong dadu
1-2 merica chipotle dalam saus adobo (atau ½ – 1 sdt bubuk chipotle)
4-5 bawang hijau, cincang halus
1 umbi ketumbar, cincang halus
100g bayam bayi
1 kaleng (275g) kacang hitam, tiriskan
250 g biji jagung beku (gunakan segar jika sudah), dicairkan
10 x 15 cm tortilla jagung
500 g keju cheddar parut
garam laut dan lada hitam

Memanaskan lebih dulu oven ke 200C. Anda membutuhkan loyang tahan oven, sekitar 25cm x 30cm, meskipun piring yang sedikit lebih besar juga bisa digunakan.

Dalam wajan besar dengan api besar, tambahkan gerimis minyak, bersama bawang dan bawang putih. Masak selama 5 menit sampai bawang melunak dan mulai karamel.

Tambahkan tomat bersama dengan 1 gelas air (Anda juga bisa menggunakan kaldu sayur) dan merica chipotle dalam saus adobo. Saya menggunakan hanya satu lada karena saya tidak ingin terlalu pedas untuk anak-anak saya, namun jangan ragu untuk menggunakan lebih banyak jika Anda suka panas.

Kecilkan api sampai rendah, bumbui dengan garam laut dan lada hitam dan biarkan mendidih selama 8-10 menit. Saat siap, matikan api, dan blender sampai halus.

Ambil hidangan kedap oven Anda dan gerimis dengan sedikit minyak zaitun, bersama dengan 3-4 sendok saus tomat. Oleskan saus dengan bagian belakang sendok, lalu mulailah layering.

Pertama, taruh 3 tortilla, hancurkan (jika perlu) sehingga mereka tidak tumpang tindih terlalu banyak. Tambahkan kacang hitam, bawang hijau, 3-4 sendok saus tomat, dan 2-3 genggam keju parut. Bumbui dengan sedikit garam laut dan lada hitam.

Sekarang kita akan memulai lapisan berikutnya – layangkan 3 tortilla, lalu topam dengan bayam, 3-4 sendok saus tomat, sebotol keju, ketumbar, jagung dan bumbui dengan garam laut dan lada hitam.

Dan sekarang lapisan terakhir – taruh 4 tortilla terakhir, tambahkan saus tomat yang tersisa, sebarkan dengan bagian belakang sendok. Taburi keju yang tersisa. Panggang dalam oven selama 20-25 menit, sampai keju meleleh dan berwarna keemasan.

Diamkan selama 15 menit, sebelum memotong dan menyajikan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *